Syarat dan Umur Kambing Untuk Aqiqah Dalam Islam

Aqiqah berasal berasal dari bahasa Arab yang bermakna pengurbanan hewan atau menyembelih kambing aqiqah, sebagai wujud wujud rasa syukur kepada Allah atas karunia lahirnya sang buah hati. Aqiqah merupakan tidak benar satu ibadah yang dicontohkan oleh Rasulullah kala mengaqiqahkan cucunya yakni Hasan dan Husain bin Ali bersama dengan masing-masing satu ekor domba. Hukum pelaksanaan ibadah aqiqah menurut jumhur ulama adalah sunnah. Dalam bukunya Minhajul Muslim, Abu Bakar Jabir Al-Jazairi mengatakan bahwa hukum pelaksanaan aqiqah ialah sunnah muakkad bagi orang tua anak yang bisa melaksanakannya.

Umur Kambing Untuk Aqiqah
Di Indonesia, hewan yang kebanyakan digunakan untuk ibadah aqiqah adalah kambing atau domba bersama dengan kuantitas hewan aqiqah yang disembelih yakni 2 (dua) ekor kambing untuk kelahiran bayi laki-laki dan 1 (satu) ekor kambing untuk kelahiran bayi perempuan. Salah satu syarat binatang untuk aqiqah adalah diamati berasal dari usianya. Mayoritas ulama berpendapat, bahwa usia kambing yang disembelih untuk aqiqah adalah sama bersama dengan usia kambing untuk qurban. Rasulullah mengatakan syarat hewan qurban dalam hadist sebagai berikut: Syarat Domba Aqiqah

Dari Jabir ra, ia bicara Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kalian menyembelih kalau musinnah. Kecuali kalau jadi sulit bagi kalian, maka sembelihlah jadza’ah berasal dari domba.” (HR. Muslim No. 1963)

Dari hadist diatas, dijelaskan berapa usia hewan yang layak untuk aqiqah. Musinnah berasal dari kambing yakni yang udah berumur satu th. atau memasuki th. kedua. Musinnah berasal dari sapi ialah yang udah berusia dua th. atau masuk th. ketiga. Sedangkan musinnah untuk unta adalah yang usianya udah genap lima th. atau memasuki th. keenam. Jadza’ah adalah domba yang usianya enam sampai satu tahun. Ini merupakan pendapat yang masyhur di kalangan para fuqoha.

Berapakah Umur Kambing Untuk Aqiqah?
Jadi berapakah syarat usia binatang aqiqah untuk disembelih dapat dijelaskan berdasarkan jenis hewannya selanjutnya ini:

Unta: 5 tahun
Sapi: 2 tahun
Kambing: 1 tahun
Domba: 6 bulan
Selain perhatikan usia kambing aqiqah yang memenuhi syarat, termasuk wajib diperhatikan bahwa hewan aqiqah bebas berasal dari cacat fisik. Terdapat empat cacat yang tidak diperbolehkan ada pada hewan qurban ataupun aqiqah, antara lain: Aqiqah murah Jakarta

Buta sebelah matanya dan menyadari sekali kebutaannya.
Pincang dan nampak menyadari pincangnya.
Sakit dan kelihatan menyadari sakitnya.
Sangat kurus yang tidak berlemak ulang sampai tidak memiliki sumsum tulang.
Menurut Malik, hewan aqiqah sama bersama dengan qurban, tidak diperbolehkan menyembelih binatang yang cacat, berpenyakit, kurus dan kakinya patah. Jenis kelamin hewan aqiqah tidak bermasalah, binatang betina sama halnya layaknya hewan qurban termasuk boleh disembelih.

Syarat dan Umur Kambing Untuk Aqiqah Dalam Islam

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *